Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung mencatat terjadi kenaikan jumlah penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di RPH Ciroyom dan RPH Cirangrang.

Hingga hari kedua waktu penyembelihan hewan kurban, Rabu (21/7) telah ada 170 ekor hewan kurban yang disembelih di RPH Kota Bandung.

Pada Iduladha 1442 Hijriah ini, RPH Kota Bandung melayani penyembelihan hewan kurban hingga Jumat 23 Juli 2021 mendatang.

Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, sesuai kebijakan dari pemerintah yaitu tentang pemotongan hewan qurban di masa PPKM Darurat, sehingga pihaknya baru mulai melakukan penyembelihan hewan qurban pada hari kedua Idul adha.

“Sebetulnya sejak tanggal 20 sudah banyak yang mendaftar tapi karena kebijakan hanya tiga hari (mulai hari ini) jadi ada sebagian yang menggeser ke hari ini dan tidak jadi, karena mungkin ada beberapa yang melaksanakan pemotongan qurban di tanggal 20 di tempat-tempat lain,” ucap Gin Gin.

“Hari ini sudah terisi 170 ekor. Kalau dibandingkan tahun lalu 170 ekor itu selama 4 hari. Tapi tahun ini satu hari sudah 170. Hari kedua (yang daftar) sudah setengahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Pada masa PPKM darurat oleh pemerintah di Jawa dan Bali, PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda) juga menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban dengan menerapkan protokol kesehatan. 

sumber  : https://www.sonora.id/read/422799870/jaswita-jabar-sebut-idul-adha-adalah-momentum-bangun-peduli-sesama