Kapal milik Jabar itu bergerak di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Bisnis sektor wisata ini dikembangkan PT Jaswita mulai tahun ini. Ada satu unit kapal phinisi kolaborasi antara PT Jaswita dan PT Tibra Bajo yang disediakan.

“Kita memang sedang berproses karena usia kita baru empat tahun. Tapi ke depan kita akan terus berkembang salah satunya kapal Phinisi di Labuan Bajo dan masih jadi yang favorit di sana,” ucap Direktur Utama PT Jaswita Jabar Deni Nurdiana Hadimin di Bandung, Jumat (12/11/2021).
Deni menuturkan kapal Phinisi tersebut dikelola oleh anak perusahaan PT Jaswita Jabar. Menurut Deni, dipilihnya Labuan Bajo sebagai lokasi operasional Kapal Phinisi ini lantaran Labuan Bajo dianggap sebagai salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia terlebih banyak juga warga Jabar yang berwisata Labuan Bajo.

“Kami melihat ini peluang bisnis dan banyak sekali orang Jawa Barat yang berwisata ke sana, mereka itu tidak ada pengusaha asal Jawa Barat, makanya kita investasi,” tutur dia.

“Jadi sekarang itu mulai orang Jawa Barat bertanya ke kita, Phinisi ke kita dan Phinisi kita boleh dibilang paling keren, paling lengkap,” kata dia menambahkan.

Kapal Phinisi ini akan menawarkan wisatawan beragam wisata laut. Termasuk mengunjungi beberapa pulau-pulau kecil di sekitar Labuan Bajo.

“Di Labuan Bajo ini kita tawarkan wisata laut, karena banyak pulau-pulau kecil dan itu wisata premium beda sama wisata Pangandaran dan sebagainya, orang yang datang ke sana itu dipastikan orang yang punya duit, karena sewa Phinisi itu Rp 75 juta perhari itu. Sebulan itu target kita delapan trip dan bulan ini sudah lima trip,” katanya.

Sejauh ini, sambung Deni, Jabar baru memiliki satu kapal Phinisi. Dia mentargetkan akan menambah unit kapal Phinisi lagi di tahun-tahun berikutnya.

“Jaswita kita baru punya satu unit, tatgetnya sampai 2023 itu kita punya tiga unit lagi. adirnya kita ternyata mendapat support dari pemerintah NTT,” kata dia.

 

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-5809456/keren-jawa-barat-rambah-bisnis-wisata-kapal-phinisi-di-labuan-bajo