Tempat Bersejarah di kota Mekkah dan Madinah

Kota Madinah dan Mekkah adalah dua kota suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Dua kota ini sangat memiliki jejak sejarah yang sangat panjang dan luas. Banyak lokasi bersejarah yang memiliki kaitan dengan peristiwa yang terjadi di masa para nabi, termasuk perjalana Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran islam. Oleh sebab itu, bagi orang orang terutama jemaah haji atau umrah yang sedang berada di Mekkah atau Madinah selalu mengunjungi tempat bersejarah yang ada di kedua kota tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah lokasi bersejarah yang sering dikunjungi oleh jemaah haji dan umrah di Mekah dan Madinah

  1. Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid yang diyakini sebagai masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW,  setelah hijrahnya dari Mekkah ke Madinah. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sendiri bersama para sahabatnya, dan konon dibangun ditempat dimana untanya berlutut saat hijrah. Meskipun Masjid Quba tergolong relatif kecil dibandingkan dengan Masjid Nabawi di Madinah, masjid ini tetap menjadi tempat ziarah penting bagi umat Islam, dan banyak jamaah haji dan umrah dengan sengaja menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Quba. Masjid ini telah diperluas dan direnovasi beberapa kali selama berabad-abad, tetapi masih mempertahankan kesederhanaan dan keindahan aslinya

  1. Jannatul Baqi

Jannatul Baqi atau juga dikenal sebagai Makam Baqi merupakan pemakaman islam tertua dan pertama di Madinah, Makan Baqi berada disebelah Masjid Nabawi. Makam ini memiliki sejarah panjang sejak masa awal islam. Awalnya, pemakaman ini menjadi tempat pemakaman utama para sahabat Nabi Muhammad SAW, anggota keluarga beliau, dan tokoh-tokoh penting dari komunitas Muslim generasi awal. 

  1. Jabbal Uhud

Jabal Uhud, adalah sebuah gunung bersejarah yang terletak di sebelah utara Madinah. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1.077 meter (3.533 kaki) dan panjang 7,5 kilometer (4,7 mil). Jabal Uhud terkenal karena menjadi lokasi peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu Perang Uhud. Di lereng Jabal Uhud terdapat pemakaman para syuhada yang gugur dalam Perang Uhud. Makam mereka menjadi tempat ziarah bagi umat Islam untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para syuhada. Menurut hadits Nabi Muhammad SAW, Jabal Uhud termasuk salah satu gunung yang dijanjikan sebagai gunung di surga.

  1. Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah

Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah, juga dikenal sebagai Perpustakaan Raja Fahd, adalah perpustakaan umum yang terletak di dekat Masjidil Haram di Mekkah. Didirikan pada tahun 1982, perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia Islam, dengan koleksi lebih dari 2 juta buku. Meskipun fungsinya sebagai perpustakaan tidak diragukan, ada pendapat yang menyebutkan bahwa lokasi Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah dulunya adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tetapi pendapat itu belum terbukti secara historis dan tidak didukung oleh otoritas keagamaan setempat. Pemerintah setempat bahkan meminta jamaah haji untuk tidak berziarah ke perpustakaan dengan asumsi ini.

Penulis: A. N. Albar

Scroll to Top